Label

Struktur Data (10) Data Mining (5) Etika Profesi (5) Nilai (3) PDK (2) SIM (2)

Rabu, 10 April 2019

Pengantar SIM


Pengantar SIM

Organisasi dan SIM
      Organisasi = perusahaan
      Sistem informasi manajemen : sistem informasi yang berfungsi mengelola informasi bagi manajemen / organisasi

Jenis-jenis SIM
o   Sistem Informasi Manajemen Struktural : sumber daya organisasi dipisahkan menurut pendekatan fungsi yang dilakukan oleh setiap manajemennya.
o   Sistem Informasi Manajemen fungsional : sumber daya organisasi dipisahkan menurut jenis pekerjaan yang dilakukan.

Sistem Informasi Manajemen Struktural :
      Sistem pemprosesan transaksi
      Sistem pengendalian manajemen
      Sistem pendukung keputusan dan sistem pakar

Sistem Informasi Manajemen fungsional :
      Sistem Informasi Manajemen Perusahaan
      Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
      Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
      Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah

Sistem Informasi Manajemen Fungsional

Sistem Informasi Manajemen Perusahaan :
      Sistem Informasi pemasaran
      Sistem Informasi Produksi/Operasi
      Sistem Informasi SDM
      Sistem Informasi Keuangan
      Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
      Sistem Informasi Akademik
      Sistem Informasi Penelitian
      Sistem Informasi Pengabdian pada masyarakat
      Sistem Informasi SDM
      Sistem Informasi Sarana dan prasarana
      Sistem Informasi Perpustakaan
      Sistem Informasi Kemahasiswaan dan alumni
      Sistem Informasi keuangan
      Sistem Informasi kerjasama

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit :
      Sistem Informasi Medis
      Sistem Informasi Administrasi dan keuangan
      Pengembangan SIM jangka panjang dan jangka pendek

Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah :
      Sistem Informasi Kependudukan
      Sistem Informasi Kepegawaian
      Sistem Informasi Penggajian
      Sistem Informasi Perizinan
      Sistem Informasi Izin mendirikan bangunan
      Sistem Informasi Catatan Sipil
      Sistem Informasi Keuangan Daerah

Manajemen
      Manajemen      : tim yang disusun dalam organisasi yang menjadi pengendali organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam organisasi

Tiga tingkatan manajemen dalam organisasi :
      Manajemen Tingkat Atas
      Manajemen Tingkat Menengah
      Manajemen Tingkat Bawah

Peranan Manajer dalam pengelolaan Manajemen Informasi

  • Manajemen Tingkat Atas
biasa disebut dengan “Direktur”, asal kata “to direct (mengarahkan)” atau dengan kata lain menentukan arah.
Fungsi utama untuk mencapai visi dan misi organisasi

  • Manajemen Tingkat Menengah
biasa disebut dengan “manajer”, asal kata “to manage (mengatur/ mengendalikan/ mengelola)” atau dengan kata lain pengendali kegiatan
Fungsi utama untuk mencapai efektifitas dalam organisasi

  • Manajemen Tingkat Bawah
biasa disebut dengan “penyelia” atau “pengawas” atau dengan kata lain pengawas kegiatan operasional dalam organisasi
Fungsi utama untuk mencapai efisiensi kinerja dalam organisasi

Tujuan dan sifat masalah Manajemen

      Manajemen Tingkat Atas
Tujuan                                                 : pencapaian visi dan misi organisasi
sifat masalah                                       : tak terstruktur (penuh dengan strategi)
contoh masalah yang dihadapi            : daya beli masyarakat, perusahaan pesaing, perusahaan pemasok, selera masyarakat, kesempatan pasar, perubahan ekonomi, perubahan politik.

      Manajemen Tingkat menengah
Tujuan                                                 : pencapaian tujuan (efektifitas) yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat atas
sifat masalah                                       : semi terstruktur (tahapan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan)
contoh masalah yang dihadapi            : manajer keuangan mengendalikan aliran dana dalam organisasi, manajer SDM mengendalikan seluruh SDM organisasi

      Manajemen Tingkat Bawah
Tujuan                                                 : pencapaian efisiensi  (penggunaan sumber daya organisasi dimanfaatkan secara tepat untuk mencapai hasil yang maksimal
sifat masalah                                       : terstruktur
contoh masalah yang dihadapi            : kepala bagian gudang mengawasi jalan masuk keluarnya stok barang yang terdapat digudang

Manajemen dan sifat informasi

Manajemen Tingkat Atas
      Sumber informasi                    : eksternal (pemerintah,  masyarakat, pesaing)
      Lingkup informasi                   : global (informasi seluruh  divisi)
      Kurun waktu informasi           : jangka panjang
      Kelengkapan informasi           : hal-hal pokok (pokok permasalahan dan laporan)
      Kerincian informasi                 : ringkas (grafik)
      Kerangka waktu                      : masa depan (perkiraan)
      Saat penyajian informasi         : sesuai kebutuhan

Manajemen Tingkat bawah
      Sumber informasi                    : internal (ex : seputar gudang)
      Lingkup informasi                   : parsial (berkaitan dengan bagiannya saja)
      Kurun waktu informasi           : jangka pendek (harian)
      Kelengkapan informasi           : hal-hal lengkap (laporan secara lengkap)
      Kerincian informasi                 : rinci
      Kerangka waktu                      : masa lalu (pengevaluasian)
      Saat penyajian informasi         : rutin

Manajemen Tingkat Menengah
      Sumber informasi                    : eksternal dan internal
      Lingkup informasi                   : global dan parsial
      Kurun waktu informasi           : jangka panjang dan jangka pendek
      Kelengkapan informasi           : hal-hal pokok dan hal-hal lengkap
      Kerincian informasi                 : ringkas dan rinci
      Kerangka waktu                      : masa depan dan masa lalu
      Saat penyajian informasi         : sesuai kebutuhan dan rutin